Sejarah Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia

Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia berdiri bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia pada tanggal 4 April 2002 di Bekasi, Jawa Barat. Dengan luas ruang perpustakaan 16x14m2. Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia merupakan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang bersifat akademis, bertujuan untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian masyarakat) serta bertujuan untuk mengumpulkan, mengelola dan menyebar luaskan informasi kepada pengguna secara relefan.

Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia memberikan layanan dan informasi kepada pemustaka sebagai bahan rujukan dengan penelusuran katalog lewat OPAC (Online Public Acces Catalog) dengan menggunakan sistem outomasi perpustakaan sejak tahun 2014, disini pelayanan perpustakaan sudah terautomasi dimana sistem manajemen informasi perpustakaan sudah menggunakan jaringan komputer mulai dari kegiatan pengadaan, pengolahan, pengembangan koleksi hingga pelayanan pemustaka. Dan pada tahun 2020 Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia menggunakan sistem E-Library yang bekerjasama dengan vendor Kubuku untuk memberikan kemudahan akses e-book dan journal kepada pemustaka. 

Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia dikelola oleh 3 orang pustakawan; 1 pustakawan profesional dan 2 pustakawan ahli, hal ini untuk menunjang kinerja di dalam Perpustakaan STIKes Medistra Indoneasia.  Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia memiliki 700 bahan pustaka tercetak yang diantaranya terdiri dari; buku-buku kebidanan, keperawatan, farmasi, ahli gizi, koleksi umum, majalah, jurnal, prosiding, KTI, skripsi, tesis dan disertasi. Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia difasilitasi dengan tersedianya loker penyimpanan barang untuk pemustaka, ruang baca dan tempat diskusi yang nyaman, wifi, AC, pencahayaan yang cukup, dan dengan dilengkapi cctv disetiap sudutnya. Hal ini diharapkan mampu menunjang keamanan dan kenyamanan yang akan didapat pemustaka saat berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan STIKes Medistra Indonesia.